Matikan Lampu Ketika Tidur

Matikan lampu ketika sebelum tidur !! nasihat tadi sepertinya hanya merupakan nasihat biasa yang tujuannya untuk menghemat energi yang saat ini semakin sedikit. Tetapi tahukah anda bahwa ternyata mematikan lampu ketika tidur ternyata juga mempunyai efek yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Mematikan lampu ketika tidur malam yang gelap ternyata diam-diam mempunyai efek bagi tubuh, penjelasannya adalah pada saat tanpa ada cahaya sama sekalilah tubuh dapat menghasilkan semacam zat yang bernama Melantonin, yaitu salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sebaliknya, tidur dalam keadaan yang terang benderang walapun dengan sedikit cahaya akan menyebabkan produksi hormon melantonin berkurang atau terhenti sama sekali. Seorang Biolog terkemuka bernama Joan Roberts menemukan hal ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Pada saat hewan diberi cahaya buatan pada malam hari, tubuh hewan tersebut menghasilkan melantonin lebih sedikit dibandingkan pada saat penerangan dimatikan. Akibatnya, hewan tersebut menurun sistem kekebalan tubuhnya.

Oleh karena itu, selain dapat menghemat tagihan listrik anda dan membuat suasana lebih romantis (hah ???), mulai sekarang cobalah untuk tidur dalam keadaan lampu dimatikan.

Baca juga : Bahaya Semburan Angin AC