Bahaya Semburan Angin AC

Apakah anda termasuk orang yang sehari-harinya selalu berada diruangan ber AC, baik dikantor ataupun di rumah. Jika anda pernah membeli sebuah AC, maka sebenarnya pada buku petunjuknya sudah dijelaskan bahwa semburan angin AC secara langsung dapat mengganggu kesehatan, tetapi gangguan seperti apakah itu ?

Gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh semburan angin AC atau kipas angin secara langsung salah satunya disebut dengan frozen shoulder. Suhu AC yang kelewat dingin dan semburan udaranya yang langsung mengenai wajah, kepala, dan leher dalam waktu lama, menyebabkan beberapa gangguan saraf seperti :

Bell’s Palsy (Kelumpuhan Wajah)
Penyakit ini mengakibatkan pembengkakan pada wajah penderita satu sisi. Penderita akan merasa salah satu matanya pedih ketika cuci muka, karena mata tidak dapat dipejamkan. Penderita juga akan mengalami kesulitan disaat berkumur, karena mulutnya miring/mencong, bicara pelo, dan bahkan pada saat minum, airnya akan meler, dan pengecapan lidah akan berkurang.

Bell’s palsy dapat disembuhkan jika cepat ditangani. Terapinya dengan mengkonsumsi obat tertentu dan harus melakukan senam muka (facial exercise). Biasanya jika diobati secara dini penyakit akan sembuh dalam kurun waktu 1-6 minggu.

Tortikolis (Leher Tengeng)
Penyakit ini biasanya menimpa pada saat orang bangun dari tidurnya. Penderita akan merasa lehernya kaku, dan tidak bisa menengok kesisi kiri atau kanan. Penyakit ini dapat diobati dengan suntikan pada titik-titik nyeri di leher serta pemberian obatan antiradang. Bila perlu bisa dilakukan terapi pemanasan dengan meletakkan botol yang sudah diisi dengan air hangat pada bagian yang sakit atau kaku.

Frozen Shoulder (Bahu Beku)
Penyakit ini timbul pada saat bangun tidur pagi. Penderita kesulitan untuk menggerakkan bahu dan lengannya. Pengobatannya terdiri dari pemberian obat anti-radang, anti nyeri dan suntikan pada pergelangan bahu. Juga perlu terapi pemanasan ditambah latihan pada bahu.

Carpal Tunnel Syndrom
Gejalanya adalah penderita akan merasa kesemutan dan nyeri pada tangan terutama 3 pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari dalam ruangan yang dingin. Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan di pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani.

Baca juga : Obat tradisional asam urat