Struktur Otak Manusia

Satu lagi informasi penting tentang struktur otak manusia ditemukan oleh Profesor Pyotr Anokhin, seorang mahasiswa dan pengikut Pavlov dalam disiplin Psikologi.

Selama berabad-abad otak dipandang sebagai “bongkahan benda berwarna keabu-abuan” belaka. Dengan ditemukannya mikroskop, tersingkaplah bahwa lapisan luar otak jauh lebih kompleks dari pada yang diduga sebelumnya, dan terdiri dari ribuan syaraf yang mirip benang kusut dan pembuluh darah.

Dengan semakin canggihnya mikroskop, semakin kaya pula pengetahuan tentang otak kita. Ternyata otak terdiri dari jutaan sel-sel kecil yang dinamakan neuron. Dengan bantuan mikroskop elektron, para ilmuwan kemudian menemukan bahwa masing-masing sel otak, mirip dengan gurita yang mempunyai suatu nukleus dan sejumlah tentacle yang menyebar ke berbagai arah.

Para ahli memperkirakan bahwa secara pukul rata otak manusia mengandung neuron dalam jumlah yang luar biasa yaitu sekitar 10 milyar. Pernah ada anggapan bahwa jumlah sel-sel otak sesorang menentukan daya pikirnya, namun anggapan itu terbantahkan dengan kenyataan yang menunjukan banyak orang yang ukuran otaknya besar tetapi bodoh, sementara itu banyak orang yang volume otaknya kecil tetapi memiliki tingkat kecerdasan lebih.

Baca lanjutan artikel : Hubungan kecerdasan dan sel otak