Faktor Resiko Darah Tinggi

Yang dimaksud dengan faktor resiko penyakit darah tinggi adalah faktor yang apabila semakin banyak menyertai penderita, maka akan memperparah penyakit darah tingginya. Ada faktor yang dapat dihindari dan ada faktor yang tidak dapat dihindari. Beberapa faktor yang dapat dihindari adalah :

Lemak dan Kolestrol
Lemak atau kolesterol dapat menempel pada dinding pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ibarat sebuah selang yang lubangnya terlalu kecil atau mampet yang dialiri air dengan tekanan tinggi, tentu hal ini dapat membuat kerusakan pada selang (pembuluh darah) tersebut. Jika pembuluh darah pecah akibat mampetnya pembuluh darah yang diterjang oleh kuatnya tekanan darah, akan menyebabkan stroke atau gagal jantung.

Makanan Bergaram
Garam mempunyai sifat menahan air. Mengkonsumsi garam menyebabkan tekanan darah menjadi naik dengan sendirinya meski orang tersebut tidak mengidap penyakit tekanan darah tinggi

Kurang Berolah Raga
Kurang berolah raga dapat membuat tubuh tidak terbiasa dengan tekanan darah yang tinggi. Banyak berolah raga juga dapat membuat tubuh menaikkan ambang batas reaksi tubuh terhadap tekanan darah yang tinggi.

Rokok dan Kopi
Merokok dan minum kopi juga dapat membuat penyakit darah tinggi menjadi bertambah parah karena kedua hal tersbeut mempunyai zat berbahaya yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi

Kegemukan
Kegemukan adalah massa tubuh yang jumlahnya berlebihan. Kelebihan massa tubuh dapat membuat diproduksinya insulin secara berlebihan oleh sel beta pankreas sehingga insulin darah menjadi berlebihan. Kelebihan insulin menyebabkan tertahannya pengeluaran natrium oleh ginjal dan meningkatkan kadar plasma norepinephrin yang menyebabkan tekanan darah naik.

Baca lanjutan artikrl : Pencegahan penyakit darah tinggi