Memproteksi Folder Dengan Password

Terkadang baik dikantor atau dirumah, ada saja orang yang mempunyai sifat iseng untuk membuka-buka folder dikomputer seseorang yang berisi file rahasia atau penting. Parahnya lagi kalau file tersebut terhapus, dicuri atau dirubah isinya. Untuk mengatasi hal tersebut ada trik sederhana, yaitu dengan memberi password kepada folder rahasia tersebut.

Sebuah software dengan nama folderlocker.exe dapat diperoleh secara gratisan di internet (www.download.com) yang berfungsi memproteksi folder di komputer dengan password (klik disini untuk mendownload). Tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mengunakan software ini adalah menjalankan software tersebut, kemudian anda akan diminta mengklik folder yang akan diproteksi (enkripsi), isi password yang diinginkan, dan terakhir tekan tombol “Protect” maka folder andapun akan terpropteksi oleh password. Artinya ketika ada orang iseng yang akan membuka folder tersebut, ia akan terhalang oleh password agar bisa masuk ke dalamnya.

Sebagai catatan, karena software ini bersifat gratisan, tentu keampuhannya juga tidak terlalu handal, terutama jika berhadapan dengan seorang master komputer atau seorang hacker. Tetapi setidaknya file anda masih relatif aman, mengingat sedikit sekali orang yang mempunyai keahlian komputer yang mumpuni dan rasanya mereka bukanlah berasal dari orang-orang disekitar anda (dirumah atau dikantor).

Bagaimana tidak, di kantor Penulis yang karyawannya mencapai puluhan, jangankan untuk menjadi seorang master komputer, cara untuk mencopy suatu file ke folder lain pun mereka harus bertanya dulu kepada Penulis. Maklum, dikantorku komputer hanya digunakan untuk menulis surat (Ms. Word), membuat tabel (Ms. Excel), memutar lagu (Winamp), atau nonton film bokep.