Membuat Meta Tags Halaman

Fungsi meta tags adalah untuk memberikan infomasi kepada search engine tentang suatu halaman. Beberapa meta tags bahkan dapat memerintahkan spider engine untuk melakukan sesuatu yang diinginkan seperti untuk tidak memberikan nilai pagerank ke halaman tertentu atau bahkan untuk tidak mengindex halaman website.

Meta Tags Untuk Judul Halaman
Search engine biasanya menampilkan judul halaman atau artikel didalam halaman hasil pencarian mereka. Sayang sekali jika judul halaman tidak dimanfaatkan secara optimal. Buatlah judul halaman semenarik dan selengkap mungkin dengan mengandung kata kunci yang mencerminkan isi halaman secara keseluruhan.

Meta Tags Untuk Deskripsi Halaman
Deskripsi halaman juga sering ditampilkan pada halaman hasil pencarian, dengan posisi setelah judul halaman. Format penulisannya adalah

<meta name ="description" content ="deskripsi">

Meta Tags Untuk Keyword
Meta tags ini berfungsi menuntun search engine agar mengindex halaman tersebut dengan mengacu kepada keyword ini. Logikanya semakin tepat kata kunci yang digunakan maka akan mempertinggi posisi peringkat penampilan pada daftar index. Format untuk membuat meta tags keyword adalah :

<meta name="keywords" content="kata">

Meta Tasg Untuk Robots
Fungsinya untuk memerintahkan robot yang berkunjung ke halaman website tersebut untuk melakukan apa yang diinginkan oleh pemilik website. Formatnya adalah :

<meta name="robots" content="pilihan">

Berikut daftar “pilihan” yang dapat diisikan disertai dengan fungsinya
- Index : Index halaman ini
- Noindex : Jangan index halaman ini
- Follow : Ikuti link yang ada pada halaman ini
- Nofollow : Jangan ikuti link yang ada pada halaman ini
- All : Index halaman ini dan ikuti link yang ada
- None : Jangan index halaman ini dan jangan ikuti link didalamnya

Contoh : <meta name="robots" content="noindex">

Baca juga : Yang Dimaksud Click Poularity