Sumber Ide Artikel

Seringkali karena sudah terlalu sering menulis untuk posting di blog, pemilik blog kehabisan bahan yang dapat dijadikan ide dasar bahan tulisan. Sebenarnya tidak ada aturan khusus dari situs blog tentang artikel yang boleh atau tidak boleh diposting. Oleh karena itu banyak sekali teknik-teknik penulisan yang dapat digunakan apabila sumber ide yang berasal dari sang pemilik blog mulai terasa mengering, yaitu :

Copy Paste Artikel Orang Lain
Cara ini dilakukan dengan mengcopy artikel dari blog atau websaite orang lain dan kemudian menyalinnya kedalam blog. Namun cara ini seringkali dianggap sebagai vandalisme jika 100% tulisan orang lain tersebut diposting kedalam blog tanpa ada perubahan sama sekali. Tetapi harus diingat sekali lagi, tidak ada aturan khusus dari situs blog yang akan memblokir blog tertentu yang melakukan vandalisme.

Menulis Ulang Artikel Koran atau Buku
Hampir sama dengan cara diatas, namun media yang digunakan bukan dari website atau blog, melainkan artikel dari majalah/koran atau buku. Anda dapat merangkum artikel yang dianggap menarik dengan menggunakan style bahasa anda sendiri untuk kemudian diposting ke blog (peraturan tentang hak cipta tulisan di buku atau majalah biasanya lebih jelas. Jangan ambil resiko dengan tersandung masalah pelanggaran hak cipta dan anda bisa dituntuk untuk itu)

Hasil Terjemahan Artikel Berbahasa Asing
Anda bisa saja menterjemahkan artikel berbahasa asing untuk kemudian di posting di blog. Sumbernya bisa berasal dari website/blog, RSS Feed, ataupun majalah/buku/koran. Bagi anda yang mempunyai kemampuan berbahasa asing pas-pasan, dapat menggunakan program penterjemah yang dapat dibeli atau didapat segara gratisan di internet.

Berita di Media Elektronik
Berita-berita menarik yang anda tonton atau dengar di televisi dan radio dapat juga menjadi sumber ide pembuatan artikel. Pahami berita yang dianggap menarik kemudian ceritakan kembali kedalam bentuk tulissan dengan gaya anda sendiri.

Baca juga : Obat HIV/AIDS ditemukan ?, Kaya lewat internet