Tip # 16

Agar Terigu Tidak Apek
Masukkan kedalam kantong penyimpan terigu itu beberapa arang. Tentu saja arangnya harus bersih dan dialaskan kedalam kain, baru dimasukkan kedalam terigu tadi.

Manfaat Benalu
Benalu merupakan tanaman yang hidupnya menggantung makanannya pada tanaman lain. Benalu yang hidupnya menempel pada jeruk nipis, pohon teh, kopi, mangga dan randu mempunyai manfaat obat. Khusus benalu jeruk nipis sangat bermanfaat untuk mengecilkan amandel yang bengkak. Sedangkan benalu teh, kopi, mangga dan lain-lain dapat mengobati tumor, rematik, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Cara dengan merebus benalu tersebut dan airnya diminum.

Menghilangkan Bau Amis Daging Kambing
Daging kambing yang baru dibeli hendaknya jangan dikenakan dengan air terlebih dahulu tetapi dicuci dengan larutan air kapur sirih. Cucilah dengan air kapur sirih tersebut sebanyak tiga kali agar tidak berbau amis.

Manfaat Kulit Pisang
Kulit buah pisang yang matang dan segar dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit gatal-gata jika digosokkan dengan bagian dalam kulit pisang.

Cara Jitu Membersihkan Gigi Kuning
Biarpun disikat dengan pasata gigi modern, seringkali gigi tetap kuning dan kusam. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu gosokkan gigi yang kuning dengan abu tempurung atau bubuk arang secara berulang-ulang.

Obat Nyamuk Nabati
Ambilah ranting dan daun kayu jaran, kemudian celupkan kedalam minyak tanah. Lalu letakkan didalam ruangan yang banyak nyamuknya. Niscaya nyamuk akan pergi mencium bau obat nyamuk nabati tersebut.

KB Secara Tradisonal
Ambillah ontong pisang ambon dan iris-iris agak besar lalu direbus dengan 1 liter air. Setiap pagi sebelum makan dan minum, minumlah air rebusan tadi selama 7 hari berturut-turut setelah haid.

Menghilangkan Ketombe
Ambil kangkung 2 – 3 genggam dirajang kecil-kecil lalu direndam dengan air bersih didalam panci. Biarkan semalaman sehingga airnya berwarna kebiru-biruan. Sapukan air kangkung ke kepala 2 atau 3 kali. Biarkan 15 menit baru dibilas sampai bersih. Rambut akan terasa pedih jika ada ketombenya dan sembuh dalam beberapa hari.

Baca tip # 17