Obat Tradisional # 3

Mengobati Jerawat
Bersihkanlah wajah anda setiap sebelum tidur, kemudian oleskan dengan jeruk nipis. Insya Allah kulit anda akan terbebas dari jerawat dan kulit anda akan kelihatan putih.

Mengobati Panu
Carilah jahe sedikit saja menurut keperluan, kemudian cuci bersih dan dikupas serta diparut. Setelah diparut, campurkan dengan sedikit minyak kayu putih, dan kemudian dioleskan ke kulit yang berpanu setiap hari sampai sembuh.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Untuk orang yang terkena penyakit tekanan darah tinggi, usahakanlah untuk tidak memakan segala macam daging kecuali ikan dan tidak memakan garam, minum kopi dan merokok SEDIKITPUN. Selanjutnya cukuplah istirahat dan berolah raga. Gantilah kebiasaan mengopi anda dengan meminum teh hijau tanpa gula minimal dua kali sehari. Untuk pengobatannya ambil daun pokat sebanyak 21 lembar direbus didalam air 9 gelas dan biarkan mendidih sampai air tersisa 3 gelas saja. Minum tiga kali sehari. Kemudian perbanyak memakan lalapan seldri dan ketimun.

Mengobati Caplak
Ambillah sabun, kapur sirih, dan kemangi dihaluskan menjadi satu, kemudian dioleskan ke caplak yang ingin dihilangkan.

Mengobati Mimisan
Orang yang mimisan disuruh berbaring terlebih dahulu, kemudian ambil daun sirih yang sudah dicuci, dan gulung hingga kecil agar dapat dimasukkan kedalam lobang hidung yang sedang mimisan. Kompreslah kepala anak yang sedang mimisan tersebut dengan handuk basah.

Mengobati Sakit Reumatik
Ambil beberapa lembar daun ubi kayu kemudian ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit kapur sirih. Adonan tersebut digosok-gsokan ke tempat yang terasa sakit, pegal, dan nyeri. Lakukanlah berulang kali hingga sembuh.

Menyegarkan Air Susu Ibu
Ambil daun pepaya yang ukurannya sedang dan tidak terlu tua ataupun muda. Tumbuk hingga halus didalam lumpang. Tumbukan tersebut diperas dengan air dan dicampur dengan sedikit gula pasir. Minumlah air tersebut. Insya Allah air susu ibu akan banyak dan segar.

Baca juga obat tradisional # 4