Cara Kerja Pemutih Pakaian

Bagaimana cara pemutih pakaian sehingga dapat menghilangkan noda pada pakaian, tidak peduli betapa kotornya pakaian tersebut, kemudian mengubahnya menjadi putih. Sebenarnya bahan pemutih tidak tahu apa yang disebut dengan “putih”. Yang diketahui oleh zat pemutih hanyalah warna.

Dalam soal cuci mencuci, pemutih pakaian sebenarnya menyerang senyawa kimia yang berwarna, yang kebanyakan memiliki sesuatu yang sama, lalu hasilnya adalah berkurangnya atau hilangnya warna, yang oleh otak manusia diartikan menjadi putih (tidak berwarna). Bahan pemutih tersebut menyerang molekul-molekul yang memiliki kecenderungan menyerap unsur warna, apapun warna itu, pada cahaya.

Zat pemutih yang umumnya digunakan adalah berupa natrium hipoklorit. Cairan pemutih yang beredar dipasaran tidak lain adalah larutan 5,25% bahan kimia tersebut dalam air biasa. Bahan lain yang populer adalah hidrogen peroksida, yang biasa digunakan untuk memutihkan melanin, bahan perwarna gelap dalam rambut dan kulit manusia. Pemutih ini banyak dipakai oleh orang yang ingin memiliki rambut pirang (bukan hitam).

Lihat juga “bisakah melampaui titik didih ?”...