Mengatasi Sakit Punggung

Bagi anda yang bekerja dikantoran dan sering duduk didepan komputer selama berjam-jam mungkin tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Namun jangan khawatir karena selalu ada cara untuk mengatasinya.

Pertama, anda harus menguatkan otot perut dan pinggang anda yang merupakan penopang punggung anda (latihan aerobik atau fitnes merupakan pilihan yang tepat) dan memperbaiki posisi punggung anda ketika anda sedang mengangkat beban berat atau sedang duduk. Selanjutnya anda dapat menjalankan saran berikut untuk mengurangi sakit punggung :

Bubuhkan Es : Segera setelah anda diserang rasa sakit itu, letakkan sekantong es dibagian yang sakit selama 15 menit untuk meredakkan peradangan. Ulangi sesering mungkin dengan jeda 15 menit antara dalam setiap kompres.

Hangatkan : Setelah peradangan awal reda (ini makan waktu 24 jam) hangatkan punggung anda untuk mendorong penyembuhan dan meredakan rasa sakit. Gunakan botol air panas dan berendamlah dalam air hangat.

Regangkan : Regangkan punggung anda dengan lembut untuk meredakan rasa sakit dan kaku. Caranya telentang rata dengan satu kaki lurus didepan anda dan satu lutut dibengkokkan.Dengan perlahan tarik lutut yang dibengkokkan sampai kedada dengan tetap menjaga agar punggung bawah rata dengan cara menekannya ke lantai. Tahan selama 10 detik, lepaskan, dan ulangi dengan kaki yang lainnya. Ulangi sampai lima kali.

Lihat juga cara mengatasi gusi berdarah...