Garam Dan Es

Kita tahu bahwa ukuran dingin itu sendiri mempunyai tingkatan-tingkatan.Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat es menjadi lebih dingin dan dapat membuat adonan es krim yang semula cair menjadi beku dan enak dimakan ?

Tempratur es dan air normalnya dalah 0 derajat celcius, tetapi itu tidak cukup dingin untuk dapa membuat es krim menjadi beku. Temperatur yang diperlukan untuk membuat es krim adalah sebesar minus tiga derajat celcius atau lebih rendah. Tugas inilah yang dilakukan oleh garam. Sesungguhnya banyak zat lain yang dapat berbuat hal yang sama tetapi garam lebih murah, sehingga banyak digunakan untuk mebuat es krim.

Ketika es dicampur dengan garam, sebagian membentuk air garam dan es secara spontan terlarut dalam air garam, akibatnya air garam semakin banyak. Didalam segumpal es, air terstruktur membentuk tatanan geometrik yeng tertentu dan kaku. Tatanan yang kaku ini rusak ketika diserang oleh garam, maka molekul-molekul air selanjutnya bebeas bergerak kemana-mana dalam wujud cair.

Tetapi merusak struktur padat molekul-molekul es memerlukan energi. Untuk sebongkah es yang hanya kontak dengan garam dan air, energi itu hanya dapat diperoleh dari kandungan panas dalam air garam. Maka ketika es mencair dan terlarut, proses ini meminjam panas dari air dan menurunkan temperaturnya. Setelah temperatur dingin ini tercapai, dalam pemanfaatannya campuran itu mendapatkan panas pengganti dari adonan es krim yang mengakibatkan adonan es krim menjadi dingin dan beku.

Mau tahu kenapa daging ikan berwarna putih, klik disini...