Mencari Niche Market Yang Tepat

Banyak orang yang sudah mendifinisikan pengertian niche market di blog-blog mereka, namun disini penulis akan mencoba membagi cara mencari niche market berdasar tujuan pemilik blog atau website.

Penayang Iklan
Penayang iklan adalah orang yang mencari uang dengan cara menayangkan iklan di blog /web mereka. Bagi mereka, cara mencari niche yang tepat adalah dengan mencari kata kunci yang jarang dibahas atau dimuat oleh blog di internet namun dihargai tinggi untuk setiap kliknya. Tujuannya adalah agar blog penayang mudah ditemukan oleh pengunjung melalui search engine, dan karena informasi yang disediakan di internet masih sedikit maka kemungkinan besar mereka akan mengklik iklan yang ditayangkan untuk mencari informasi lebih lanjut. (hanya berlaku untuk Adsense karena Adsense menampilkan iklan sesuai dengan tema posting/blog).

Penjual Produk Online
Sedangkan untuk penjual produk yang ingin mengiklankan produk atau jasa yang dijual, maka cara mencari niche yang tepat adalah dengan mencari kata kunci yang masih sedikit kompetitor atau pemasang iklan produk serupa dan terutama dengan harga murah, dan lebih baik lagi jika kata kunci produk tersebut banyak dibahas atau dimuat di blog/web (berbeda dengan niche bagi penayang iklan yang malah menghindari kata kunci yang sudah banyak dibahas oleh blog/web). Tujuannya agar mudah ditemukan oleh pengunjung melalui iklan.

Untuk mecari kata kunci/keywords tersebut maka anda memerlukan tool yang sudah disediakan oleh Google diantaranya adalah :

Google Trend
Google Keywords Generator