Paid Review Vs Google


Salah satu sumber penghasilan pemilik blog saat ini berasal dari Paid Review. Dimana pola kerjanya adalah, pemilik blog akan mendapatkan bayaran atas review suatu produk atau blog dalam bentuk sebuah postingan (artikel) dengan beberapa link yang mengarah ke alamat web/blog pengiklan.

Metode pengiklanan seperti ini memberikan keuntungan tersendiri dan lebih efektif bagi pemasang iklan, karena review atas produk atau blog dapat memebrikan informasi yag menyeluruh terhadap suatu produk/blog, dan review (artikel) tersebut tetap muncul dan ditemukan oleh ribuan bahkan ratusan ribu pengguna internet melalui search engine selama postingan tersebut tidak dihapus. Berbeda dengan metode pengiklanan biasa, dimana iklan hanya akan muncul selama si pemasang iklan membayar biaya tertentu dan tidak dapat ditemukan/diindex oleh search engine.

Keuntungan lainnya adalah, blog si pengiklan akan mendapatkan backlink dari web/blog yang memiliki nilai pagerank yang tinggi (salah satu syarat paid review adalah memiliki pagerank yang relatif tinggi) sehingga tentu dapat menaikkan tingkat kepopuleran blog tersebut dimata search engine.

Namun demikian, ternyata pihak Google ternyata tidak menyukai metode pengiklanan seperti ini, yang pertama karena metode tersebut dapat menyaingi Google yang telah lama memiliki perusahaan periklanan (adword), dan yang utama adalah back link berbayar telah melanggar TOS search engine Google.

Maksudanya Google berkepentingan untuk menjaga image sebagai perusahaan search engine nomor satu didunia dengan memberikan hasil pencarian yang objektif dan menampilkan daftar web/blog berdasarkan kesesuaian kata kunci dan kepopuleran alami suatu blog (tetapi bukan bukan kepopuleran instant/berbayar).

Adapun bentuk hukuman yang diberikan Google terhadap web/blog yang melakukan paid review yaitu berbentuk pengurangan nilai pagerank atau bahkan dicoret dari index Google.

Lantas mengapa masih banyak ditemukan web/blog yang melakukan paid review, jawabannya adalah karena bayarannya yang relatif tinggi. Rata-rata sekitar $10, tetapi ada juga yang bisa mencapai $1000 untuk satu review. Bayangkan jika sebuah blog terkenal bisa mendapatkan 1 paid review senilai $1000 / Rp 10.000.000 setiap minggunya, peduli apa dengan TOS (syarat dan ketentuan) nya Goolge.