Google Translator Support Bahasa

Satu lagi acungan jempol patut diberikan kepada Google atas tool/widget gratisan yang diberikannya. Menurut Penulis, kali ini tool/widget yang diberikan telah memberikan sumbangsih yang sangat-sangat besar terhadap penyebaran informasi keseluruh dunia tanpa adanya batasan bahasa, karena tool/widget tersebut memang berfungsi untuk menterjemahkan halaman web/blog ke bahasa yang dikehendaki, bahkan dengan tanpa merubah format halaman web/blog itu sendiri.

Tool/Widget ini dapat ditemukan pada halaman hasil pencarian Google berupa link disamping judul arikel untuk menterjemahkannya ke bahasa asal IP adress (lihat gambar diatas). Atau anda dapat langsung membuka halaman Google Translate untuk menterjemahkan suatu halaman web/blog dengan memasukkan alamat web/blog dimaksud, atau dapat juga dengan mengetikkan atau mencopy artikel dan mempastekannya ke kotak penterjemah.

Tool/Widget ini dapat dimasukkan ke halaman web/blog anda, dengan demikian jika ada pengunjung yang tidak memahami bahasa suatu web/blog, maka ia tetap dapat membaca terjemahan artikel didalamnya dengan bantuan tool/widget tersebut (klik disini untuk mendapatkan kode Google Translator).

Menurut pengalaman pribadi Penulis sendiri, meskipun tool/widget ini masih dalam tahap pengembangan, namun hasil terjemahan tool/widget ini cukup akurat, bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi penterjemah yang dijual mahal di internet, selama tata bahasa penulisan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adapun bahasa yang didukung oleh tool/widget ini diantaranya adalah bahasa, Inggris, Indonesia, Spanyol, Arab, China, Bulgaria, Portugis, polandia, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Korea, Vietnam, Belanda, dan lain sebagainya.