Bentuk-Bentuk E-book


E-book adalah versi elektronik dari sebuah buku. Jika buku terdiri dari lembaran kertas, maka e-book berupa file digital yang dapat dipersamakan dengan buku karena juga memberikan informasi berupa tulisan atau gambar. Ada berbagai bentuk e-book diantaranya adalah :

Format teks polos, formatnya sederhana hanya berupa teks dan hampir dapat dilihat menggunakan kebanyakan piranti komputer tanpa software khusus.

Format PDF, memberikan kelebihan dalam hal format siap cetak dan terdapat fitur pencarian, daftar isi, memuat gabar, pranala luar, dan juga multimedia.

Format JPEG, khusus untuk e-book yang banyak gambarnya seperti komik.

Format LIT, merupakan format dari Ms. Reader yang memungkinkan text dalam e-book dapat disesuaikan dengan layar alat pembacanya.

Format HTML, yang layout gambar dan text didalamnya dapat diatur, meskipun hasil cetakan printer tidak sesuai dengan yang tampil dilayar.

Format Open Electronic Book Package, atau dikenal dengan OPF merupakan e-book berbasis xml yang membuat pembacanya seolah membaca buku sungguhan karena dapat membolak-balik halaman layaknya buku asli 3D.

Baca juga : Buku Sekolah Elektronik