Tolak Semua Produk China


Apa yang bermutu dari produk China ! hampir semuanya berkualitas rendah bahkan cenderung merugikan konsumennya. Sebut saja misalnya motor China (mocin) yang sempat laris manis beberapa tahun yang lalu karena harganya separuh dari harga motor Jepang. Ternyata bedasarkan pengalaman hanya bisa bertahan selama 6 bulan saja, selebihnya motor tersebut rusak berat tanpa adanya suku cadang dan bengkel resmi yang memadai.

Selanjutnya beberapa kosmetik asal China yang berbahan dasar mercury dan puluhan produk rumah tangga lain yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, juga ditarik dari peredaran belum lama ini, kemudian produk-produk mainan asal China masih segar dalam ingatan ,juga ditarik peredarannya di seluruh dunia karena membahayakan anak-anak, dan terakhir saat ini adalah makanan yang terbuat dari bahan susu olahan yang berdasarkan berita tanggal 27 September 2008, setelah diteliti semuanya mengandung bahan melamin yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jika direnungkan lagi cerita diatas, penulis mengambil kesimpulan (meskipun sepihak) bahwa negara China yang pertumbuhan ekonominya sangat pesat beberapa tahun terakhir ini terutama berasal dari nilai ekspornya yang tinggi karena berhasil menjual produk-produk dengan harga murah ke seluruh dunia, ternyata dibangun diatas penderitaan para konsumennya karena negara komunis tersebut hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak memperdulikan orang lain.

Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya hal serupa terjadi secara berulang kali, maka ada baiknya jika kita menolak seluruh produk China untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang mungkin timbul di kemudian hari. Jika kemarin bahan kosmetik, hari ini bahan makanan, maka besok entah produk apa lagi yang dapat menimbulkan bahaya dari produk asal China tersebut. JANGAN AMBIL RESIKO !!!