Tentang Penyakit Syphilis

Syphilis merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang menular melalui hubungan seksual yang tidak aman (tidak menggunakan kondom atau dengan pasangan yang berbeda-beda).

Tanda-tanda penyakit syphilis (raja singa) adalah luka atau borok pada kelamin (pria atau wanita) yang timbul 2 sampai 5 minggu setelah berhubungan seks dengan penderita syphilis (misal : wanita tuna susila). Luka atau borok tersebut (chancre) terlihat seperti jerawat, lepuh, atau borok yang terbuka. Borok ini dipenuhi oleh kuman yang mudah ditularkan ke orang lain. Borok ini sendiri tidak menimbulkan rasa sakit sehingga tidak disadari oleh penderitanya.

Borok ini hanya berlangsung selama beberapa hari dan kemudian hilang sendiri tanpa pengobatan. Namun sebenarnya penyakit ini terus menyebar ke seluruh tubuh. Beberapa minggu atau bulan kemudian, dapat terjadi sakit leher, panas dingin, atau luka pada mulut. Beberapa tanda lainnya seperti ruam diseluruh tubuh, bilur-bilur yang berbentuk lingkaran pada tubuh, dan ruam yang gatal pada tangan atau kaki.