Artikel Tentang Glaucoma

Glaucoma adalah penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kebutaan. Glaucaoma terjadi akibat tekanan yang terlalu tinggi didalam bola mata. Ada dua macam glaucoma, yaitu glaucoma akut dan glaucoma menahun.

Glaucoma Akut
Keadaan ini dimulai secara mendadak dengan rasa sekait kepala atau sakit hebat didalam mata. Mata menjadi merah dan penglihatan menjadi kabur. Bila diraba, bola mata terasa keras sekali seperti kelereng dan terkadang disertai muntah. Pupil mata yang sakit biasanya lebih lebar dar mata yang sehat.

Glaucoma Menahun
Tekanan didalam mata meningkat secara perlahan-lahan. Biasanya tidak disertai rasa sakit. Penglihatan hilang secara perlahan-lahan dimulai dari tepi pengelihatan. Pemeriksaan sederhana dapat memberi petunjuk apakah seseroang terkena glaucoma atau tidak. Caranya tutup mata yang sehat, dan kemudian dengan mata yang lain suruhlah untuk melihat objek yang datang dari samping (misal gerakan tangan) ke arah depan.

Pada penderita glaucoma, ia akan melihat objek yang datang dari arah belakang kedepan (dari samping) terlihat lebih ke sebelah depan (maju) dari posisi objek yang sebenarnya.