Masalah Dengan Udara Panas

Ada beberapa masalah yang ditimbulkan oleh udara panas seperti sebagai berikut :

Kram Karena Panas
Dalam udara yang panas, maka orang yang bekerja keras atau mengeluarkan banyak keringat terkadang dapat menderita kram (kejang) dengan tanda sakit pada kedua tungkai kaki, lengan, atau perut. Kram terjadi akibat tubuh kekurangan zat garam.

Untuk mengatasinya masukkanlah satu sendok garam kedalam satu liter air matang dan minumlah setelah diaduk terlebih dhulu.

Kelelahan Karena Panas
Orang yang bekerja dan mengeluarkan banyak keringat dalam udara yang panas dapat menjadi sangat pucat, lemah, dan mungkin merasa akan pingsan. Kulitnya dingin dan lembab, serta denyut nadi cepat dan lemah.

Untuk mengatasinya bawa orang tersebut ketempat yang sejuk dan kemudian angkat kedua kakinya dan urutlah tungkainya. Beri minum air yang dicampur dengan garam 1 sendok teh garam (kedalam 1 liter air), namun jangan beri apa-apa lewat mulut jika penderita tidak sadar.

Pingsan Karena Panas
Pingsan karena panas (misal sewaktu upacara bendera) bisa menjadi sangat berbahaya untuk itu diperlukan penanganan dengan segera. Tanda orang yang pingsan karena udara panas adalah penderita mengalami demam panas tinggi.

Untuk mengatasinya panas tubuh harus segera diturunkan dengan cara basahi tubuhnya dengan air dingin dan kipasi tubuhnya. Lakukan sampai panasnya turun, dan segera hubungi dokter.