Luka Yang Terinfeksi

Untuk megetahui apakah luka sudah terinfeksi kuman atau tidak adalah dengan melihat tanda-tanda luka menjadi merah, bengkak, panas, dan terasa perih. Luka juga menjadi bernanah dan mulai tercium bau tidak sedap.

Jika luka sudah terinfeksi maka dapat menyebabkan tubuh menjadi demam, terdapat garis merah diatas luka, dan kelenjar getah bening membengkak dan terasa sakit jika ditekan. Kelenjar getah bening merupakan perangkap kecil bagi kuman. Kelenjar ini akan menjadi benjolan jika terjadi infeksi.

Untuk mengobati luka infeksi maka kompreslah luka sekitar 4 kali sehari selama 20 menit. Rendam kedalam ember yang sudah dicampur dengan air hangat dan sabun anti kuman (atau kalium permanganat 1 sendok teh untuk 1 ember air hangat). Jika infeksinya parah maka gunakanlah suntikan penisilin dengan bantuan dokter tentunya.

Perigatan : Jika luka mengeluarkan bau busuk atau mengeluarkan cairan berwarna coklat atau kelabu atau jika kulit disekitar luka menghitam, melepuh, atau timbul gelembung air, maka segeralah hubungi dokter karena ini merupakan tanda mati jaringan.