Penyakit Penyerta Darah Tinggi

Seperti halnya penyakit kronis lainnya, penyakit darah tinggi juga biasanya dapat disertai dengan penyakit-penyakit lain sehingga dapat memperparah kerusakan organ tubuh. Penyakit penyerta darah tinggi memerlukan penanganan tersendiri dan dapat terjadi bersamaan dengan penyakit darah tinggi, seperti :

Kencing Manis (Diabetes Melitus)
Penyakit kencing manis (diabetes) merupakan gangguan pada pengolahan gula (glukosa) oleh tubuh karena kekurangan hormon insulin. Akibatnya, kadar gula didalam darah akan tinggi karena tidak dapat memasuki sel-sel tubuh sehingga dibuang melalui air kencing. Oleh sebab itulah biasanya air kencing penderita kencing manis dikerubuti semut.

Rematik
Penyakit rematik merupakan sekumpulan gejala yang penyebabnya bermacam-macam, namun biasanya berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Gout
Gout adalah penyakit rematik yang dipengaruhi oleh makanan. Makanan yang mempengaruhi antara lain : hati, limpa, ginjal, jeroan, otak, sardine, jantung, kerang, kacang-kacangan, sayur bayam, dan lain-lain. Hal ini karena makanan tersebut mengandung banyak purine yang oleh tubuh diolah menjadi asam urat. Asam urat yang tinggi tentu merupakan masalah baru karena dapat mengecilkan pembuluh darah yang merupakan penyebab penyakit jantung (hearth disease) atau stroke.

Baca lanjutan artikel : Komplikasi penyakit darah tinggi