Kategori Alat Pencari

Ada beberapa jenis kategori mesin pencari/search engine yang sesuai dengan penggunaannya, yaitu :

Search Engine dan Meta Search Engine
Search engine dan meta search engine mempunyai karakteristik menyimpan data dalam bentuk teks atas halaman yang dipilihnya, dan metode pencarian didasarkan pada kata kunci yang dimasukkan kedalam kotak pencarian yang selanjutnya dicocokkan dengan database yang mereka miliki. Dengan metode memasukkan kata kunci tersebut, maka metode ini terbilang lebih praktis karena tidak memerlukan browsing.

Search ebgine atau meta search engine biasanya memiliki database yang berisi halaman website yang dikumpulkan melalui program khusus yang disebut spider. Database ini ukurannya sangat besar dan mampu menyimpan sekitar 20 milyar halaman website bahkan lebih. (http://www.google.co.id/)

Subject Directories

Metode pencarian data biasanya dilakukan dengan memilih berdasarkan kategori subjek dan direktori (browsing) sehingga kurang praktis dan memakan waktu. Database biasanya dikumpulkan dan diseleksi oleh manusia sehingga membutuhkan proses yang lama untuk membuat sebuah halaman website terdaftar didalam kategori subjek/direktori suatu topik.


Pengguna tidak mempunyai pilihan lain selain memilih subjek yang terdaftar didalam kelompok-kelompok subjek. (http://search.yahoo.com/dir)

Specialized Database
Specialized database adalah layanan yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian kedalam content database pada sebuah komputer disuatu tempat.

Baca juga : Cara kerja search engine