Konversi Celcius ke Fahrenheit

Beberapa negara memiliki satuan ukur yang berbeda dalam mengukur suhu. Negara seperti Amerika memakai satuan ukur Fahrenheit, sedangkan di Indonesia sendiri memakai satuan uku Celcius. Adakah sebuah cara yang paling mudah untuk mengkonversikan keduanya tanpa harus mengingat rumus yang memusingkan seperti yang pernah diajarkan disekolah ?

Ya, ada cara yang paling mudah untuk mengkonversikan antara keduanya. Sayang sekali cara ini tidak diajarkan ketika anda sekolah. Berikut ini metode sederhana yang mudah untuk diingat : Untuk mengubah temperatur Celcius menjadi Fahrenheit, tambahkan 40, kemudian kalikan dengan 1,8 kemudian kurangi dengan angka 40 lagi. Sebagai contoh, untuk mengubah 100 derajat Celcius (titik didih air dalam Celcius) menjadi satuan Fahrenheit, kita akan menambahkan angka 100 dengan 40 maka hasilnya adalah 140. Kemudian 140 dikalikan 1,8 dan hasilnya adalag 252. Dan selanjutnya 252 dikurangi angka 40 lagi sehingga didapat hasil 212 derajat Fahrenheit ( 212 derajat Fahrenheit merupakan ukuran titik didih air dalam ukuran tersebut)

Yang istimewa dari metode ini adalah rumusnya dapat dibalik untuk menghasilkan konversi dari Fahreinheit ke Celcius. Caranya tambahkan dengan angka 40, kemudian dibagi dengan angka 1,8, dan kemudian dikurangi angka 40. Sebagai contoh untuk mengubah 32 derajat Fahrenheit menjadi Celcius adalah : tambahkan angka 32 dengan 40, maka hasilnya adalah 72, kemudian dibagi dengan angka 1,8 maka hasilnya adalah 40. Kemudian kurangi hasilnya dengan angka 40, maka hasilnya adalah 0 derajat Celcius. Betul sekali, ini tidak lain dari temperatur beku air : 32 derajat Fahrenheit sama dengan 0 derajat Celcius.

Yang perlu anda ingat hanyalah apakah anda harus mengalikannya dengan angka 1,8 atau membaginya dengan angka 1,8. Sebagai panduan, temperatur Fahrenheit selalu lebih besar dari derajat Celcius, maka untuk mendapatkan angka Fahrenheit anda harus memilih perkalian.

Baca juga mengapa gelembung sabun berbentuk bulat...